15 Bangunan Bersejarah Di Jakarta Yang Bisa Kita Kunjungi

Saturday, February 9th, 2019 - Tempat Wisata Di Indonesia

Bangunan Bersejarah Di Jakarta – Sebagai ibukota bagi Negara Indonesia, memang sudah sewajarnya apabila kota Jakarta ini memiliki nilai-nilai budaya serta sejarah yang sangat luar biasa. Di tengah sebuah gempuran modernisasi yang sekaran terjadi di kota Jakarta, tentunya masih saja tersimpan banyak sekali cerita yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Kota jakarta yang sudah berdiri dari sejak tahun 1527 silam ini memang memiliki sejarah yang sangat berliku-liku, tak terkecuali dengan setiap bangunan yang pada saat ini masih saja kokoh berdiri yang menjadi salah satu saksi bisu berkembangnya kota Jakarta ini.

Bangunan Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Bangunan Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Jakarta memang terkenal dengan penuh sesak, macet, polusi, dan berbagai macem kepenatan yang lainnya. Setiap hari merasakan modernisasi yang ada di kota Jakarta, ada kalanya kita akan merasa bosan. Terlebih lagi bagi para wisatawan yang berniat untuk bisa menyusuri kota Jakarta ini, mungkin saja akan merasa membosankan juga apabila hanya merasakan berbagai bangunan modern yang ada di sana.

Gambar Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Gambar Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Karena itulah, untuk bisa mencari sensasi yang tampak berbeda, untuk menapak tilas saksi-saksi sejarah, yang paling recommended yaitu dengan cara mengunjungi tempat wisata bangunan bersejarah di Jakarta. Masih ada banyak sekali bangunan bersejarah di Jakarta yang hingga saat ini masih berdiri kokoh, bahkan masih terawat dengan sangat baik. Ok, bagi kalian para wisatawan yang ingin menjelajah bangunan bersejarah di Jakarta, maka berikut ini adalah daftar bangunan bersejarah di jakarta yang paling rekomendasi :

Daftar Tempat Wisata Bangunan Bersejarah Di Jakarta

  1. Monumen Nasional (Monas)

    1 Monumen Nasional (monas)

    Monumen Nasional (monas)

Siapa sih yang tidak tahu akan keelokan monumen nasional ? Ini adalah icon nyata bagi ibukota Indonesia, yaitu jakarta. Lihatlah sebuah lempengan emas yang melapisi puncak monas, ini sungguh menggambarkan sebuah semangat perjuangan dari para rakyat Indonesia dikala itu. Nah, untuk bisa mencapai puncaknya, tentu harus menggunakan lift yang tentunya sudah disediakan. Saat kita menaiki puncak monas, maka kita bisa melihat indahnya kota Jakarta.

Monas memiliki ketinggian mencapai 132 meter yang mulai dibangun pada masa pemerintahan presiden Soekarno yaitu pada tanggal 17 Agustus 1961 yang diarsiteki Frederich Silaban bersama R.M. Soedarsono, yang kemudian baru selesai, diresmikan, dan juga dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

  1. Kota Tua

    2 Kota Tua

    Kota Tua

Kota yang penuh sejarah, dahulu pada abad yang ke 16, kota tua Jakarta dijuluki dengan sebutan “Ratu Timur” oleh pelayar yang berasal dari eropa. Kota tua ini terletak di sebuah lokasi yang sangat strategis untuk kegiatan perdagangan, kota ini adalah sebuah wilayah yang ada di Jakarta yang memiliki luas 1,3 km persegi yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat yaitu Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka.

Kota tua tidak hanya terdiri dari satu bangunan, tapi terdiri dari banyak sekali bangunan, yaitu  Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa, Keramik, dan Toko Merah. Tempat ini sangat cocok untuk kalian para pecinta sejarah, karena tempat ini menyajikan nuansa tradisional, dari mulai gaya bangunannya sampai kuliner tradisional pun tersedia.

  1. Museum Nasional Indonesia

    3 Museum Nasional Indonesia

    Museum Nasional Indonesia

Sejarah bangsa Indonesia juga dapat kita pelajari di museum ini. Tempat ini banyak menyimpan peninggalan kuno dari masa prasejarah. Kita enggak akan merasa kecewa apabila berkunjung di museum ini, karena kita akan disajikan lebih dari 140.000 koleksi yang meliputi berbagai arca kuno, prasasti, benda-benda kuno yang lainnya dan berbagai barang kerajinan. Nah, dari sekian banyak koleksi yang tersedia, yang paling menarik yaitu patung Bhairawa. Patung ini ditemukan di Padang Roco, yaitu di Sumatera Barat yang merupakan perwujudan Boddhisatwa di Bumi.

  1. Galangan Kapal VOC

    4 Galangan Kapal Voc

    Galangan Kapal Voc

Bangunan ini dibangun tahun 1628, dahulu menjadi sebuah primadona asia karena menjadi sebuah galangan kapal yang paling penting. Dulu galangan kapal VOC menjadi akomodir berbagai kapal yang ingin berlayar ke lautan, dari mulai supply, menyimpan, dan juga merawat berbagai kapal besar dan kecil. Galangan ini memang benar menjadi saksi kehebatan bahari dari kota Jakarta di era VOC.

  1. Gedung Kesenian Jakarta

    5 Gedung Kesenian Jakarta

    Gedung Kesenian Jakarta

Sebuah bangunan tua peninggalan belanda yang pada saat ini menjadi tempat berkumpulnya para seniman yang ada seluruh Indonesia untuk bisa mempertunjukkan hasil karya terbaiknya. Gedung ini dibangun tahun 1821 dengan mengusung mode bangunan yang bergaya neo-renaisance yang diarsiteki para perwira Jeni VOC, yaitu Mayor Schultze. Gedung tua ini sering digunakan para seniman untuk bisa menunjukkan karya seninya contohnya seperti drama, teater, film, sastra, dan yang lain sebagainya. Gedung ini dilengkapi dengan ruang pertunjukan, panggung, peralatan tata cahaya, kamera CCTV di setiap ruangan, TV monitor, ruang foyer, dan juga electric billboard.

  1. Monumen Proklamator

    6 Monumen Proklamator

    Monumen Proklamator

Ini merupakan tugu yang menggambarkan tentang kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan dibacakannya teks atau naskah proklamasi oleh presiden pertama RI yaitu Soekarno. Monument ini digambarkan pula presiden  Soekarno yang sedang membacakan naskah proklamasi yang ditemani Muhammad Hatta. Di tengah  patung Soekarno dan Hatta ada batu marmer hitam yang bertuliskan isi naskah proklamasi.

  1. Museum Bahari

    7 Museum Bahari

    Museum Bahari

Berbagai macam koleksi sejarah kelautan serta kenelayanan yang ada di Indonesia dapat kita temukan di sini. Di museum ini, kita bisa mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bahari Indonesia. Nuansa eksentrik akan kita dapatkan di sini dengan cara melihat berbagai koleksi jenis-jenis perahu tradisional beraneka ragam dari daerah-daerah yang berbeda. Bahkan museum bahari Jakarta masih menyimpan kapal zaman VOC yang terlihat sangat unik. Kita juga bisa menikmati perlengkapan berlayak seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam.

  1. Gedung Joang 45

    8 Gedung Joang 45

    Gedung Joang 45

Kita bisa melihat perjuangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan di musium ini.Tempat ini juga menyimpan berbagai koleksi benda peninggalan para pejuang negara Indonesia. Mobil Dinas resmi presiden dan juga wakil presiden pertama Indonesia yang sangat terkenal dengan REP 1 dan REP 2 dan juga mobil peristiwa pemboman di Cikini juga masih tersimpan di musium ini. Kita juga bisa menimati foto foto masa silam, buku-buku dan barang besejarah yang lainnya di tempat ini.

  1. Masjid Istiqlal

    9 Masjid Istiqlal

    Masjid Istiqlal

Masjid ini mampu menampung sekira 120 ribu orang. Istiqlal ini terletak di tempat yang sangat strategis yaitu di Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat yang berada di bagian timur Lapangan Merdeka. Mesjid ini tampak terlihat gagah dengan kubahnya yang berdiameter 45 meter dan dilengkapi pula dengan Menara yang tinggi.

  1. Gereja Katolik Katedral

    10 Gereja Katolik Katedral

    Gereja Katolik Katedral

Gereja ini berdiri di sudut utara Lapangan Banteng yang dahulunya bernama Waterlooplein atau Alun-alun Waterloo yang ada di Jakarta Pusat. Di samping Kathedral ada Sekolah Perempuan Santa Ursula yang sudah berusia ratusan tahun. Kedekatan Kathedral dan Istiqlal bukan sebuah kebetulan, karena presiden pertama, Soekarno telah memilih tempat itu dengan sengaja. Ini sebagai wujud yang melambangkan filosofi kebersamaan sebuah bangsa dalam keragaman yang mana semua agama bisa hidup berdampingan dalam sebuah damai dan harmonis.

Tahukah kalian dengan semua bangunan bersejarah di jakarta yang ada diatas dan sudahkah kalian mengunjunginya? Jika belum yuk mari kita mengunjunginya bersama, agar kita bisa lebih tagu tentang sejarah negara tercinta kita.

Bangunan Bersejarah Di Dki Jakarta

Bangunan Bersejarah Di Dki Jakarta

Gedung Bersejarah Di Kota Jakarta

Gedung Bersejarah Di Kota Jakarta

Kolonial Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Kolonial Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Pictures gallery of 15 Bangunan Bersejarah Di Jakarta Yang Bisa Kita Kunjungi

  • Kolonial Bangunan Bersejarah Di Jakarta
  • Gedung Bersejarah Di Kota Jakarta
  • Gambar Bangunan Bersejarah Di Jakarta
  • Bangunan Bersejarah Di Dki Jakarta
  • Bangunan Bangunan Bersejarah Di Jakarta
  • 10 Gereja Katolik Katedral
  • 9 Masjid Istiqlal
  • 8 Gedung Joang 45
  • 7 Museum Bahari
  • 6 Monumen Proklamator
  • 5 Gedung Kesenian Jakarta
  • 4 Galangan Kapal Voc
  • 3 Museum Nasional Indonesia
  • 2 Kota Tua
  • 1 Monumen Nasional (monas)
15 Bangunan Bersejarah Di Jakarta Yang Bisa Kita Kunjungi | khana | 4.5